HUKUM MEMBACA BASMALAH DIDALAM SHALAT
HUKUM MEMBACA BASMALAH DIDALAM
SHALAT
A.
Pendapat Para Fuqaha’
1.
Pendapat Pertama
Basmalah termasuk ayat dalam surat al-Fatihah dan wajib dibaca
beserta al-Fatihah secara keras (jahr) dalam shalat jahriyyah dan
secara sirr dalam shalat sirriyyah. Pendapat ini menjadi
pegangan Imam Syafi’i dan pengikutnya.
Di kalangan penganut madzhab Syafi’i terdapat kesepakatan,
sebagaimana diterangkan an-Nawawi, bahwa basmalah termasuk dalam Surat
al-Fatihah tanpa ada perselisihan.
اما حكم المسألة فمذهبنا ان بسم الله
الرحمن الرحيم آية كاملة من اول الفاتحة بلا خلاف ( المجموع شرح المهذب - (ج 3 / ص
333)
“Adapun
hukum masalah, pada madzhab kami bahwasanya basmalah itu satu ayat yang
sempurna dari awal surat al-Fatihah tanp ada perselisihan”. ( al-Majmu’ Syarh
al-Muhadzab : 3/333)
Menurut para
qurra` Makah, sebagian Kufah dan Hijaz, basmalah termasuk satu ayat dari surat
al-Fatihah.
Ibnu Katsir menjelaskan siapa saja yang memegang pendapat ini dalam
tafsirnya 1/117 :
فذهب الشافعي، رحمه الله، إلى أنه يجهر
بها مع الفاتحة والسورة، وهو مذهب طوائف من الصحابة والتابعين وأئمة المسلمين سلفًا
وخلفًا ، فجهر بها من الصحابة أبو هريرة، وابن
عمر، وابن عباس، ومعاوية...( تفسير ابن كثير – (1 / 117)
“Imam
asy-Syafi’i berpendapat bahwasanya basmalah dikeraskan beserta al-Fatihah dan
surat(an), ini juga menjadi pendapat segolongan dari kalangan sahabat dan
tabi’in dan para imam kaum muslimin zaman dahulu dan kemudian. Yang mengeraskan
basmalah dari kalangan sahabat di antaranya Abu Hurairah, Ibnu Umar, Ibnu Abbas
dan Mu’awiyah...”
Imam an-Nawawi
menandaskan bahwa menurut madzhab kami (madzhab Syafi’i), basmalah disunnahkan
untuk dibaca keras dalam shalat jahriyah baik di awal al-Fatihah maupun di awal
surat. Lebih lanjut beliau menjelaskan siapa saja yang berpendapat seperti ini,
dengan menukil riwayat dari Abu Bakar al-Khathib, di antaranya dari kalangan
sahabat ada khalifah yang empat. Ammar
bin Yasir, Ubay bin Ka’ab, Ibnu Umar, Ibnu Abbas, Abu Qatadah, Abu Sa’id, Qais
bin Malik, Abu Hurairah, Abdullah bin Abi Aufa, Syadad bin Aus, Abdullah bin
Ja’far, Husain bin Ali, Abdullah Ja’far, dan Mu’awiyah serta sejumlah sahabat
dari Muhajirin dan Anshar. Dari kalangan tabi’in ada Sa’id bin al-Musayyab,
Thawus, Atha`, Mujahid, Abu wail, Sa’id bin Jubair, Ibnu Sirin, Ikrimah, Ali
bin Husain, Muhammad bin Ali, Salim bin Abdullah dll.
2.
Pendapat Kedua
Basmalah tidak termasuk ayat dari surat al-Fatihah, sunnah
dibaca secara sirr ketika membaca al-Fatihah dalam shalat, baik shalat sirriyyah
maupun jahriyyah. Pendapat ini dipegang oleh Imam Ahmad, Imam Abu
Hanifah dan Sufyan ats-Tsauri.
Menurut penuturan at-Tirmidzi, pendapat inilah yang menjadi
pegangan kebanyakan ahli ilmu dari kalangan sahabat Nabi dan tabi’in seperti
Abu Bakar, Umar, Usman dan Ali. Ibnu al-Mundzir menambahkan nama Ibnu Mas’ud,
Ibnu Zubair dan ‘Ammar. Pendapat ini
juga dipegangi oleh al-Hakam, Hammad, al-Auza’i, Suyan ats-Tsauri, Ibnu
al-Mubarak dan kelompok ulama ahl ra’y. Ulama kontemporer yang menguatkan
pendapat ini di antaranya Husain bin
‘Audah al-‘Awasyah dalam kitab al-Mausu’ah al-Fiqhiyyah al-Muyassarah fi Fiqh
al-Kitab wa as-Sunnah al-Muthahharah.
Melengkapi
keterangan di atas, Ibnu Rajab lewat
Fath al-Bari 5/200 menjelaskan siapa saja yang berpendapat seperti ini :
وإلى ذَلِكَ ذهب أكثر أهل العلم من أصْحَاب
النَّبِيّ – صلى الله عليه وسلم - ، منهم : أبو بَكْر وعمر وعثمان وعلي وغيرهم ، ومن
بعدهم من التابعين ، وبه يَقُول سُفْيَان الثوري وابن المبارك وأحمد وإسحاق ، لا يرون
أن يجهر بـ (( بسم الله الرحمن الرحيم )) . قالوا : ويقولها فِي نفسه . انتهى . وحكى
ابن المنذر هَذَا القول عَن سُفْيَان وأهل الرأي وأحمد وأبي عُبَيْدِ ، قَالَ : ورويناه
عَن عُمَر وعلي وابن مَسْعُود وعمار بْن ياسر وابن الزُّبَيْر والحكم وحماد .قَالَ
: وَقَالَ الأوزاعي : الإمام يخفيها .
“
Pendapat mensirrkan basmalah adalah pendapat kebanyakan ahli ilmu dari kalangan
sahabat Nabi SAW seperti Abu Bakar, Umar, Usman dan Ali serta yang lain-lain
sesudah mereka dari kalangan tabi’in. Yang berpendapat demikian juga adalah
Sufyan ats-Tsauri, Ibnu al-Mubarak, Ahmad dan Ishaq. Mereka mengajarkan agar
basmalah dibaca secara pelan ( didengar sendiri). Ibnu al-Mundzir
menghikayatkan pendapat ini berasal dari Sufyan ats-Tsauri, ahl ar-Ra’y, Ahmad,
Abu Ubaid. Ia juga berkata, “ Kami juga meriwayatkan pendapat ini berasal dari
Umar, Ali, Ibnu Mas’ud, Ammar bin Yasir, Ibnu az-Zubair, al-Hakam, Hammad. Ia
berkata, ‘ Berkata al-Auza’i : Imam membaca basmalah dengan pelan”.
Ibnu Katsir menerangkan dalam tafsirnya : 1/118 :
وذهب آخرون إلى أنه لا يجهر بالبسملة
في الصلاة، وهذا هو الثابت عن الخلفاء الأربعة وعبد الله بن مغفل، وطوائف من سلف التابعين
والخلف، وهو مذهب أبي حنيفة، والثوري، وأحمد بن حنبل.
“
Ulama lain berpendirian bahwasanya basmalah tidak dikeraskan dalam shalat,
riwayat ini adalah yang tetap (meyakinkan) dari khalifah empat dan Abdullah bin
Mughaffal dan sekelompok ulama salaf, tabi’in dan khalaf. Ini menjadi pilihan
madzhab Abu Hanifah, ats-Tsauri dan Ahmad bin Hanbal.”
3.
Pendapat Ketiga
Basmalah dapat dibaca sekali tempo secara keras dan sekali tempo
secara pelan, walau secara sirr dianggap lebih sering dikerjakan Nabi
SAW. Pendapat ini dimotori oleh Ibnu al-Qayyim dalam kitabnya Zadul
Ma’ad fi Hadyi Khair al-`Ibad : 1/119
وَكَانَ يَجْهَرُ بِبِسْمِ اللّهِ الرّحْمَنِ
الرّحِيمِ تَارَةً وَيُخْفِيهَا أَكْثَرَ مِمّا يَجْهَرُ بِهَا دَائِمًا فِي كُلّ يَوْمٍ
وَلَيْلَةٍ خَمْسَ مَرّاتٍ أَبَدًا حَضَرًا وَسَفَرًا وَيَخْفَى ذَلِكَ عَلَى خُلَفَائِهِ
الرّاشِدِينَ وَعَلَى جُمْهُورِ أَصْحَابِهِ وَأَهْلِ بَلَدِهِ فِي الْأَعْصَارِ الْفَاضِلَةِ
هَذَا مِنْ أَمْحَلِ الْمُحَالِ حَتّى يَحْتَاجَ إلَى التّشَبّثِ فِيهِ بِأَلْفَاظٍ
مُجْمَلَةٍ وَأَحَادِيثَ وَاهِيَةٍ فَصَحِيحُ تِلْكَ الْأَحَادِيثِ غَيْرُ صَرِيحٍ
وَصَرِيحُهَا غَيْرُ صَحِيحٍ وَهَذَا مَوْضِعٌ يَسْتَدْعِي مُجَلّدًا ضَخْمًا.
Ibnul Qayyim berkata :
“
Dahulu Rasulullah SAW. kadang-kadang mengeraskan lafadz bismillahirrahmanirahim
dan lebih sering tidak membacanya secara keras. Dengan demikian tidak diragukan
lagi bahwa beliau tidak selalu mengeraskan basmalah ketika shalat lima waktu
dalam sehari semalam, baik ketika bermukim ataupun bepergian. Beliau
memperlihatkan hal ini kepada khulafa` rasyidin, kepada para sahabatnya dan
penduduk kota-kota besar. Ini merupakan hal yang paling mustahil sehingga harus
dijelaskan lagi. Untuk membahas masalah ini rupanya membutuhkan ruang yang
berjilid-jilid yang tebal .”
4.
Pendapat Keempat
Pendapat ini dikemukakan oleh Ibnu Abi Laila dan al-Hakam menurut
penuturan al-Qadhi Abu Thayyib ath-Thabari, bahwa basmalah mau dibaca keras (jahr)
atau pelan (sirr) itu sama saja.
وَحَكَى الْقَاضِي أَبُو الطَّيِّبِ الطَّبَرِيُّ
عَنْ ابْنِ أَبِي لَيْلَى وَالْحَكَمِ أَنَّ الْجَهْرَ وَالْإِسْرَارَ بِهَا سَوَاءٌ.
Az-Zaila’i menukil, ulama yang berpendapat basmalah boleh dibaca
pelan maupun keras di antaranya Ishaq bin Rahawaih, dan Ibnu Hazm.
5.
Pendapat Kelima
Basmalah bukan termasuk ayat dari surat al-Fatihah maka hukumnya
makruh dibaca beserta al-Fatihah dalam shalat fardhu baik secara pelan (sirr)
maupun keras (jahr), namun boleh dibaca dalam shalat sunat. Ini
menjadi pegangan Imam Malik dan pengikutnya.
Di kalangan qurra`, yang berpendapat basmalah bukan termasuk surat
al-Fatihah menurut nukilan al-Baghawi
adalah qurra` Madinah, Bashrah dan Kufah.
Ibnu Katsir berkata dalam Tafsir Ibnu Katsir :1/118 :
وعند الإمام مالك: أنه لا يقرأ البسملة
بالكلية، لا جهرًا ولا سرًا
“
Menurut Imam Malik : Basmalah tidak dibaca secara keseluruhan, baik dibaca
keras maupun pelan-pelan”
Sedang Imam Al-Qurthubi dalam tafsirnya mengatakan 1/96:
وجملة مذهب مالك وأصحابه: أنها ليست عندهم
آية من فاتحة الكتاب ولاغيرها، ولا يقرأ بها المصلي في المكتوبة ولافي غيرها سرا ولا
جهرا، ويجوز أن يقرأها في النوافل. هذا هو المشهور من مذهبه عند أصحابه.
“
Kesimpulan madzhab Malik dan sahabatnya, bahwasanya basmalah bukan termasuk
surat al-Fatihah dan juga surat selainnya, basmalah tidak dibaca dalam shalat
fardhu dan juga selainnya baik secara sirr maupun jahr, namun boleh dibaca
dalam shalat sunat. Pendapat inilah yang masyhur dari Imam Malik menurut
sahabat-sahabatnya”.
B.
Dalil yang Menjadi Dasar
1.
Pendapat Pertama
Basmalah wajib dibaca beserta al-Fatihah secara keras (jahr) dalam
shalat jahriyyah dan secara sirr dalam shalat sirriyyah. Imam asy-Syafi’i dan pengikutnya
mengajukan sejumlah dalil dari as-Sunnah seperti :
Hadis Pertama :
عَنْ نُعَيْمٍ الْمُجْمِرِ قَالَ صَلَّيْتُ
وَرَاءَ أَبِي هُرَيْرَةَ فَقَرَأَ بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ ثُمَّ قَرَأَ
بِأُمِّ الْقُرْآنِ حَتَّى إِذَا بَلَغَ { غَيْرِ الْمَغْضُوبِ عَلَيْهِمْ وَلَا الضَّالِّينَ
} فَقَالَ آمِينَ فَقَالَ النَّاسُ آمِينَ وَيَقُولُ كُلَّمَا سَجَدَ اللَّهُ أَكْبَرُ
وَإِذَا قَامَ مِنْ الْجُلُوسِ فِي الِاثْنَتَيْنِ قَالَ اللَّهُ أَكْبَرُ وَإِذَا
سَلَّمَ قَالَ وَالَّذِي نَفْسِي بِيَدِهِ إِنِّي لَأَشْبَهُكُمْ صَلَاةً بِرَسُولِ
اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ)
سنن النسائي - (ج 3 / ص 459) ,سنن الدارقطني - (ج 3 / ص 291)َ
“
Dari Nu’aim al-Mujmir ia berkata, “Aku shalat di belakang Abu Hurairah kemudian
ia membaca Bismillahirrahmanirrahim, lalu membaca Ummul-Qur’an (Al-Fatihah)
sampai beliau membaca : “Waladh-dhaallin”, beliau berkata : “Aamiin”. Maka
manusia berkata (juga) : “Aamiin”. Dan beliau berucap setiap kali sujud :
“Allahu Akbar”, dan ketika bangkit dari duduk raka’at kedua beliau berkata :
“Allahu Akbar”. Dan apabila beliau salam maka beliau berkata : “Demi Yang
jiwaku berada di tangan-Nya, sesungguhnya akulah di antara kalian yang paling
serupa shalatnya dengan Rasulullah SAW” (Sunan an-Nasa`i : 3/459, Sunan
ad-Daruquthni : 3/291)
Al-Albani menghukumi hadis tersebut dengan ungkapan :
تحقيق الألباني : ضعيف الإسناد
Hadis ini
menurut penuturan Ibnu Hajar dalam Fath al-Bari adalah hadis terkuat tentang
bacaan basmalah dalam shalat.
Dalam Hasyiah as-Sindi terdapat penjelasan sebagai berikut :
قَوْله (َ صَلّيْت وَرَاء أَبِي هُرَيْرَة
فَقَرَأَ بِسْمِ اللَّه الرَّحْمَن الرَّحِيم ) يَدُلّ عَلَى أَنَّ الْبَسْمَلَة تُقْرَأ
فِي أَوَّل الْفَاتِحَة وَلَا يَدُلّ عَلَى الْجَهْر بِهَا وَآخِر الْحَدِيث يَدُلّ
عَلَى رَفْع هَذَا الْعَمَل إِلَى النَّبِيّ صَلَّى اللَّه تَعَالَى عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
وَاللَّهُ تَعَالَى أَعْلَم . (شرح سنن النسائي – (2 / 152)
“ Perkataan ‘ Aku shalat di
belakang Abu Hurairah kemudian ia membaca bismillahirrahmanirrahim’ menunjukkan
basmalah itu dibaca di awal al-Fatihah, namun tidak menunjukkan basmalah itu
dibaca dengan keras. Akhir hadis tersebut menunjukkan bahwa perbuatan ini
disandarkan pada Nabi SAW. Wallahu Ta’ala A’lam. ( Syarh Sunan an-Nasa`i :
2/152)
Hadis Kedua :
ابْنِ عَبَّاسٍ قَالَ كَانَ النَّبِيُّ
صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَفْتَتِحُ صَلَاتَهُ بْ بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ
الرَّحِيمِ (سنن الترمذي - (1 / 414)
“
Dari Ibnu Abbas, bahwasanya Rasulullah SAW membuka (bacaan) shalat dengan
bismillahirrahmanirrahim.” ( Sunan
at-Tirmidzi : 1/414).
Hadis ini
dihukumi dha’if sanadnya oleh al-Albani dalam Sahih wa Dha’if sunan
at-Tirmidzi 1/245. Abu Dawud juga berkata, “ Hadis ini hadis
dha’if.”
Hadis Ketiga :
وقد أخرجه الحاكم في المستدرك عن ابن
عباس بلفظ : كان رسول الله صلى الله عليه وسلم يجهر ب { بسم الله الرحمن الرحيم } ،
ثم قال : صحيح . (المستدرك على الصحيحين للحاكم - (ج 2 / ص 256)
Al-Hakim mengeluarkan dalam mustadraknya dari Ibnu Abbas dengan
lafadz, “ Adalah Rasulullah SAW mengeraskan bacaan bismillahirrahmanirrahim”,
lantas al-Hakim berkata, Sahih. ( al-Mustadrak ‘ala ash-Shahihain li al-Hakim :
2/256)
Pensahihan
al-Hakim yang dikenal suka tasahul ( bermudah-mudah) dalam mensahihkan hadis
dikoreksi oleh Ibnu Rajab dalam Fath al-Bari. Menurut Ibnu Rajab hadis ini
adalah dha’if.
Hadis Keempat :
عن أم سلمة زوج النبي صلى الله عليه وسلم
، قالت : « كان رسول الله صلى الله عليه وسلم يقطع قراءته ( بسم الله الرحمن الرحيم
، الحمد لله رب العالمين ، الرحمن الرحيم ، مالك يوم الدين) المستدرك على الصحيحين
للحاكم - (ج 7 / ص 36) شعب الإيمان للبيهقي - (ج 5 / ص 333)
“Dari
Ummi Salamah bahwasanya ia berkata, “ Adalah Rasulullah SAW memutus bacaannya bismillahirrahmanirrahim,
alhamdulillahi rabbil ‘alamin, ar-Rahmanirrahim, Malikiyaumiddin) ( al-Mustadrak ‘ala ash-Shahihain : 7/36,
Syu’ab al-Iman li al-Baihaqi : 5/333).
Komentar ulama
ahli hadis terhadap hadis tersebut. Menurut ad-Daruquthni isnadnya sahih,
perawinya semuanya tsiqat. Al-Hakim berkata : Sahih menurut syarat dua imam
(Bukhari-Muslim), pendapat ini disetujui adz-Dzahabi. Ibnu Khuzaimah dan an-Nawawi juga mensahihkan
hadis tersebut.
Hadis ini hanya
menceritakan bahwa Nabi SAW ada membaca basmalah, namun tidak ada indikasi atau
keterangan bahwa beliau membacanya dengan keras.
Hadis Kelima :
عن أبي هريرة : «أنه صلى فجهر في قراءته
بالبسملة ، وقال بعد أن فرغ : إني لأشبهكم صلاة برسول الله صلى الله عليه وسلم » ،
أخرج النسائي في سننه ، وابن خزيمة ، وابن حبان في صحيحيهما ، والحاكم في المستدرك,
وصححه الدارقطني ، والخطيب ، والبيهقي ، وغيرهم
“Dari
Abu Hurairah, bahwasanya ia melakukan shalat maka ia mengeraskan bacaan
basmalahnya, lantas ia berkata setelah selesai shalat, “ Sungguh shalatku ini
amat mirip dengan shalat yang dikerjakan Rasulullah SAW”. ( Dikeluarkan oleh
Nasa`i dalam sunannya, Ibnu Khuzaimah dan Ibnu Hibban dalam sahihnya, al-Hakim
dalam al-Mustadrak. Disahihkan oleh Daruquthni, al-Khatib, al-Baihaqi dan
lain-lain.
Dalam penilaian
Ibnu Taimiyyah, hadis-hadis yang menyatakan Nabi SAW ada mengeraskan basmalah
derajatnya tidak meyakinkan. Hadis-hadis yang menyebutkan secara tegas bahwa
Nabi ada mengeraskan bacaan basmalah semuanya dha’if bahkan ada yang maudhu’.
Lebih lanjut ia mengutip pernyataan Imam ad-Daruquthni ketika ia telah selesai
menghimpun hadis-hadis yang mengeraskan bacaan basmalah, ia ditanya, “ Adakah
hadis sahih yang engkau temukan dalam hal ini?”. Ia menjawab, “ Adapun riwayat
dari Nabi tak ada yang sahih, sedang riwayat dari sahabat ada sebagian yang
sahih ada yang tidak.”
Dalam tafsir
Fath al-Qadir karya Imam asy-Syaukani disebutkan pada Juz 2/61:
قال ابن تيمية : وروينا عن الدارقطني
أنه قال : لم يصح عن النبي صلى الله عليه وسلم في الجهر حديث
“
Berkata Ibnu Taimiyah : Kami meriwayatkan dari ad-Daruquthni bahwasanya ia
berkata : “ Tak ada satupun hadis sahih dari Nabi SAW yang menerangkan bacaan
basmalah dibaca keras”.
وقال الحازمي : أحاديث الجهر وإن كانت
مأثورة عن نفر من الصحابة غير أن أكثرها لم يسلم من شوائب .
“
Berkata al-Hazimi : Hadis-hadis yang menerangkan basmalah dibaca jahr meskipun
berasal dari sekelompok sahabat Nabi SAW, namun mayoritas tidak lepas dari
cacat”.
2.
Pendapat Kedua
Basmalah sunnah dibaca secara sirr ketika membaca al-Fatihah dalam shalat. Pendapat yang dipegang oleh
Imam Ahmad dan Imam Abu Hanifah dan Sufyan ats-Tsauri ini mengajukan beberapa
dalil dari as-Sunnah seperti :
Hadis Pertama :
عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ أَنَّ النَّبِيَّ
صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَأَبَا بَكْرٍ وَعُمَرَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا
كَانُوا يَفْتَتِحُونَ الصَّلَاةَ بِ { الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ } (صحيح
البخاري - (3 / 186)
“
Dari Anas bin Malik, “ Bahwasanya Nabi SAW dan Abu Bakar, Umar radhiyallahu
‘anhuma mereka semua membuka (bacaan) shalat dengan
alhamdulillahirabbil’alamin”. ( Sahih al-Bukhari : 3/186)
Hadis Kedua :
عَنْ عَائِشَةَ قَالَتْ كَانَ رَسُولُ
اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَفْتَتِحُ الْقِرَاءَةَ بِ { الْحَمْدُ
لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ } سنن ابن ماجه - (3 / 40)
“
Dari Aisyah ia berkata, “ Bahwasanya Rasulullah SAW membuka bacaan shalat
dengan alhamdulillahirabbil ‘alamin. ( Sunan Ibnu Majah : 3/40 )
Hadis ini disahihkan oleh al-Albani dalam Sahih Wa Dha’if Sunan
Ibnu Majah : 2/384.
Hadis ketiga :
عَنْ أَنَسٍ قَالَ صَلَّيْتُ مَعَ رَسُولِ
اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَأَبِي بَكْرٍ وَعُمَرَ وَعُثْمَانَ فَلَمْ
أَسْمَعْ أَحَدًا مِنْهُمْ يَقْرَأُ بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ (صحيح مسلم
- (2 / 361)
Dari Anas ia berkata:“Saya shalat bersama Rasulullah SAW, Abu
Bakar, Umar, dan Usman, dan saya tidak mendengar seorang pun dari mereka
membaca Bismillahir-rahmanir-rahim”. ( Sahih Muslim : 2/361)
Sebuah atsar dari sahabat Ibnu Mas’ud :
لِقَوْلِ ابْنِ مَسْعُودٍ رَضِيَ اللَّهُ
عَنْهُ : أَرْبَعٌ يُخْفِيهِنَّ الْإِمَامُ ، وَذَكَرَ مِنْهَا التَّعَوُّذَ وَالتَّسْمِيَةَ
وَآمِينَ.
“
Perkataan Ibnu Mas’ud yang menyatakan : ada empat perkara yang dibaca pelan
oleh imam yakni : disebutkan di antaranya bacaan ta’awudz, tasmiyah dan amin”.
Hadis-hadis di atas secara sharih menunjukkan bahwa Rasulullah SAW
memulai bacaan dengan al-hamdulillahi
rabbil ‘alamin, basmalahnya dibaca secara sirr. Kesahihan riwayat di atas tidak
perlu diragukan lagi, karena diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Muslim.
3.
Pendapat Ketiga
Ada beberapa ulama yang berusaha mengkompromikan 2 pendapat di atas dengan
dasar bahwa : Kadang Nabi menjaharkan basmalah dan kadang pula
tidak. Dan ini pula yang menjadi pendapat Ibnul-Qayyim, walaupun beliau
menyatakan bahwa tidak dijaharkan adalah lebih banyak Pendapat ini
pula yang dikuatkan oleh Syaikh Muqbil dan Syaikh Bin Baz (dalam ta’liq
beliau terhadap Fathul-Bari).
Pendapat ini menggunakan thariqat al-jam’u wa at-taufiq ( metode
mengumpul dan mengkompromikan) dari beberapa dalil yang berbeda.
Metode ini adalah metode yang seyogyanya ditempuh pertama kali jika menemukan
dalil yang sepintas terindikasikan ta’arudh atau bertentangan.
Di mata ulama kelompok ini, riwayat yang menjelaskan bahwa Nabi SAW pernah
mengeraskan bacaan basmalah diakui dan diamalkan, namun riwayat yang mensirrkan
basmalah dianggap lebih kuat dan lebih sering dilakukan oleh Nabi dan para
sahabat. Agar tidak ada sunnah yang diabaikan atau ditinggalkan, maka diamalkan
saja keduanya.
4.
Pendapat Keempat
Pada dasarnya pendapat kelima ini alasan yang dipakai hampir sama dengan
pendapat ketiga. Kedua riwayat dari Nabi itu sama-sama diakui sah berasal dari
Nabi SAW maka dari itu keduanya sama saja untuk diikuti dan diamalkan.
5.
Pendapat Kelima
Basmalah makruh dibaca beserta al-Fatihah dalam shalat fardhu baik secara
pelan maupun keras, namun boleh dibaca dalam shalat sunat. Ini menjadi pegangan
Imam Malik dan pengikutnya serta al-Auza’i. Untuk mendukung pendapatnya
kelompok ini mengajukan dalil sebagai berikut :
Hadis Pertama :
عن أنس قال صليت مع النبي صلى الله عليه وسلم ومع أبي بكر وعمر رضي الله
عنهما فافتتحوا ب ( الحمد لله رب العالمين ) .) صحيح وضعيف سنن النسائي – (3 /
47) تحقيق الألباني : صحيح
“Dari Anas
ia berkata, “ Aku shalat beserta Nabi SAW, Abu Bakar, Umar RA mereka membuka
bacaan dengan al-hamdulillahirabbil ‘alamin” ( Sunana an-Nasa`i : 3/47,
menurut pentahqiqan al-Albani, hadis sahih)
Hadis Kedua :
عَنْ ابْنِ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ مُغَفَّلٍ قَالَ سَمِعَنِي أَبِي وَأَنَا فِي
الصَّلَاةِ أَقُولُ بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ فَقَالَ لِي أَيْ
بُنَيَّ مُحْدَثٌ إِيَّاكَ وَالْحَدَثَ قَالَ وَلَمْ أَرَ أَحَدًا مِنْ أَصْحَابِ
رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ أَبْغَضَ إِلَيْهِ
الْحَدَثُ فِي الْإِسْلَامِ يَعْنِي مِنْهُ قَالَ وَقَدْ صَلَّيْتُ مَعَ
النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَمَعَ أَبِي بَكْرٍ وَمَعَ عُمَرَ
وَمَعَ عُثْمَانَ فَلَمْ أَسْمَعْ أَحَدًا مِنْهُمْ يَقُولُهَا فَلَا تَقُلْهَا
إِذَا أَنْتَ صَلَّيْتَ فَقُلْ الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ )سنن الترمذي - (ج 1 / ص 412)
“Dari Abdullah bin Mughaffal ia berkata, “ Ayahku mendengar aku
mengucapkan bismillahirrahmanirrahim, maka ayahku berkata,” Hai anakku
ini termasuk sesuatu yang diada-adakan (muhdats), jauhilah perkara baru
yang diada-adakan (bid’ah). Ayahku berkata, “ Aku tidak melihat seorang pun
dari sahabat Nabi yang lebih benci kepada bid’ah dalam Islam. Sungguh aku telah
shalat beserta Nabi SAW, Abu Bakar, Umar, Usman, maka aku tidak mendengar
seorang pun mengucapkan basmalah, maka janganlah kamu mengucapkannya. Jika kamu
shalat maka bacalah al-hamdulillahi rabbil ‘alamin”. ( Sunan at-
Tirmidzi : 1/412, dan ia menghukumi hadis hasan)
Imam Nawawi dalam al-Khulashah , menurut
penuturan Imam az-Zaila’i, mengomentari hadis ini dengan mengatakan, bahwa
banyak huffadz yang mendha’ifkan hadis ini. Para huffadz itu juga
menolak penghasanan yang dilakukan Imam at-Tirmidzi akan hadis ini. Huffadz
yang dimaksud di antaranya Ibnu Khuzaemah, Ibnu ‘Abdil Barr, dan al-Khathib.
Mereka berkata, “ Persoalannya berkisar pada Ibni Abdullah bin Mughaffal, dia
itu majhul”.
قَالَ النَّوَوِيُّ فِي " الْخُلَاصَةِ " : وَقَدْ ضَعَّفَ
الْحُفَّاظُ هَذَا الْحَدِيثَ ، أَنْكَرُوا عَلَى التِّرْمِذِيِّ تَحْسِينَهُ ،
كَابْنِ خُزَيْمَةَ ، وَابْنِ عَبْدِ الْبَرِّ ، وَالْخَطِيبِ ، وَقَالُوا : إنَّ
مَدَارَهُ عَلَى ابْنِ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ مُغَفَّلٍ ، وَهُوَ مَجْهُولٌ ،
انْتَهَى .) نصب الراية في تخريج أحاديث الهداية - (2 / 227)
Tuduhan bahwa Ibnu
Abdullah bin Mughaffal itu majhul ( tidak dikenal) dibantah oleh ulama
lain bahwa yang dimaksud anak Abdullah bin Mughaffal adalah Yazid seperti yang
dituturkan ole ath-Thabrani dan Ahmad, jadi tuduhan majhul itu sudah
terjawab
Di akhir pembahasan, az-Zaila’i mengomentari hadis Tirmidzi dari Abdullah Mughaffal yang dikritik sebagian ahli
hadis dengan perkataan
وَبِالْجُمْلَةِ فَهَذَا حَدِيثٌ صَرِيحٌ فِي عَدَمِ الْجَهْرِ
بِالتَّسْمِيَةِ ، وَهُوَ وَإِنْ لَمْ يَكُنْ مِنْ أَقْسَامِ الصَّحِيحِ ، فَلَا
يَنْزِلُ عَنْ دَرَجَةِ الْحَسَنِ ، وَقَدْ حَسَّنَهُ التِّرْمِذِيُّ .) نصب الراية في تخريج أحاديث
الهداية - (2 / 229)
Kesimpulannya, hadis
ini secara terang menunjukkan tidak adanya mengeraskan bacaan basmalah, hadis
itu jika tidak mencapai derajat sahih, namun tidak kurang dari derajat hasan,
seperti telah dihasankan oleh at-Tirmidzi”. ( Nashb ar-Rayyah fi Takhrij
al-Ahadits al-Hidayah : 2/229)
Hadis Ketiga :
عَنِ ابْنِ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ مُغَفَّلٍ قَالَ كَانَ أَبُونَا إِذَا سَمِعَ
أَحَدًا مِنَّا يَقُولُ بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ يَقُولُ إِهِي
إِهِي صَلَّيْتُ خَلْفَ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
وَأَبِي بَكْرٍ وَعُمَرَ فَلَمْ أَسْمَعْ أَحَدًا مِنْهُمْ يَقُولُ بِسْمِ اللَّهِ
الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ ) مسند أحمد - (ج 41 / ص 500)
Dari Bani Abdullah bin
Mughaffal mereka berkata, “ Adalah bapak kami jika mendengar salah seorang di
antara kami mengucapkan bismillahirahmanirrahim, beliau berkata : ‘ Hai
anakku, aku telah shalat di belakang Nabi SAW, Abu Bakar, dan Umar, maka aku
tak pernah mendengar seorangpun yang membaca bismillahirrahmanirrahim”.
(Musnad Ahmad : 41/500)
Hadis Keempat :
عَنْ أَنَسِ بْنِ
مَالِكٍ أَنَّهُ حَدَّثَهُ قَالَ صَلَّيْتُ خَلْفَ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَأَبِي
بَكْرٍ وَعُمَرَ وَعُثْمَانَ فَكَانُوا يَسْتَفْتِحُونَ بِ { الْحَمْد لِلَّهِ رَبِّ
الْعَالَمِينَ } لَا يَذْكُرُونَ بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ فِي أَوَّلِ قِرَاءَةٍ
وَلَا فِي آخِرِهَا )صحيح مسلم - (2 / 362)
“Dari Anas bin Malik,
“Saya shalat di belakang Nabi SAW, Abu Bakar, ‘Umar, dan Usman, mereka membuka
dengan Alhamdulillaahir-rabbil-‘aalamiin; tidaklah mereka menyebutkan Bismillaahir-rahmaanir-rahiim
di awalnya dan tidak pula di akhirnya”. ( Sahih Muslim : 2/362 )
Menarik
untuk dikutip adalah pernyataan sekaligus pengakuan Imam ad-Daruquthni yang
banyak menghimpun hadis-hadis yang mengeraskan bacaan basmalah, ketika ditanya
beliau secara jujur berkata :
وَلِهَذَا قَالَ الدَّارَقُطْنِيّ إنَّهُ لَمْ يَصِحَّ فِي الْجَهْرِ بِهَا
حَدِيثٌ ) نيل الأوطار - (ج 3 / ص 339)
“Tak satupun hadis yang menjelaskan mengeraskan bacaan basmalah itu
sahih”. ( Nail al-Authar : 3/339)
C.
Pendapat yang Dipilih
Dari uraian beberapa pendapat diatas, penulis memilih salah satu pendapat
dari lima (5) pendapat diatas sesuai dengan mempertimbangkan kehujjahan yang
menjadi dasar suatu hukum dan juga keadaan realita yang ada pada masyarakat
penulis. Sehinnga penulis memilih pendapat keempat, dengan alasan bahwa kedua
riwayat dari Nabi tentang menjahrkan basmalah waktu dalam keadaan shalat
maupun mensirrkannya sama-sama diakui sah berasal dari Nabi SAW maka
dari itu keduanya sama saja untuk diikuti dan diamalkan.
Akan tetapi dalam kehidupan sehari-hari penulis, penulis menggunakan
pendapat pertama yaitu menjahrkan bacaan basmalah ketika shalat jahriyyah
dan mensirrkan ketika shalat sirriyah dengan alasan di indonesia
mayoritas menganut madzhab syafi’i dan ketika menentukan sebuah hukum ia sangat
berhati-hati dalam menetapkannya.
Bagus sekali
BalasHapusDalam shalat basmalah boleh dibaca keras, boleh sirr dan boleh pula tidak dibaca sama sekali. Lebih jelasnya silahkan baca komentar2 saya di Google pada judul : Keputusan tarjih tentang membaca basmalah dalam shalat. Disitu banyak komentar saya tentang rahasia susunan ayat dalam Al Fatehah yg saya kaitkan dengan matematika. Dari situ akan terbukti bahwa ayat pertama Al Fatehah adalah Hamdalah, bukan basmalah.
BalasHapus